Sosialisasi Penanganan Konflik Dan Pencegahan Bahaya Terorisme

sos

Berdasarkan Program Pemeliharaan Kantrantibmas dan Pencegahan Tindak Kriminal, Kantor Kesbangpol Kab. Majalengka telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penanganan Konflik dan Pencegahan Bahaya Terorisme Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2015, Pada hari Rabu tanggal 18 Februari 2015 bertempat di Aula Kokardan Majalengka.

sosialisasiKegiatan Sosilisasi Penanganan Konflik dan Pencegahan Bahaya Terorisme adalah salah satu upaya Pemerintah Daerah melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Majalengka yaitu untuk mensejahterakan Masyarakat, Membangun dan Melindungi Warga Masyarakatnya sesuai dengan Visi Kabupaten Majalengka Maju, Aman, Kondusif, Makmur, Unggul dan Religius ( MAKMUR ).   Untuk Mewujudkannya Masyarakat sangat perlu :

  1. Diberikan Pengetahuan dan Pemahaman dalam penyelesaian Konflik dengan cara mengedepankan Dialog, Musyawarah untuk Mufakat.
  2. Diberikannya Pengetahuan dan Pemahaman tentang perbedaan dan kemajemukan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.
  3. Meningkatkan solidaritas, meningkatkan rasa kebersamaan dan saling menghormati sesama warga Masyarakat.
  4. Meningkatkan Gotong Royong dalam membangun Bangsa kedepan.
  5. Tidak mudah terprovokasi dan mampu menangkal Ideologi lain, selain Pancasila.
  6. Meningkatkan kesadaran hidup Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara yang berlandasakan 4 (Empat ) Konsensus Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Persatuan dan Bhineka Tunggal Ika.

Upaya yang dilakukan dengan dilaksanakannya Kegiatan Sosialisasi Penanganan Konflik dan Pencegahan Bahaya Terorisme Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2015 dengan menghadirkan Narasumber sebagai berikut :

  1. Pasi Intel Kodim 0617 Majalengka dengan Judul materi : Peranan Kodim 0617 Majalengka dalam Rangka Meningkatan Ketahanan Wilayah
  2. Kasat Intel Polres Majalengka dengan Judul Materi : Tugas dan Fungsi Polres Majalengka Dalam Upaya Mencegah Terjadinya Konflik di Kabupaten Majalengka
  3. Analis Perencana Kementrian Agama Kab.Majalengka dengan Judul Materi : Pemahaman Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) Dalam Konteks Kerukunan Umat Beragama

Dengan dilaksnakannya Sosialisasi Penanganan Konflik dan Pencegahan Bahaya Terorisme Capaian yang diharapkan :

  1. Meningkatnya Jiwa Nasionalisme dengan tidak membeda-bedakan Suku, Ras dan Agama untuk menciptakan suasana yang Rukun, Damai dan tanpa konflik sehingga akan terbentuk Keserasian Sosial dalam kehidupan Masyarakat.
  2. Meningkatnya Kewaspadaan terhadap kemungkinan munculnya Acaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan yang dapat membahayakan keselamatan atau kelangsungan hidup Masyarakat.

Dengan telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Penanganan Konflik dan Pencegahan Bahaya Terorisme Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2015 diharapkan Keamanan dan Kondusifitas di Kabupaten Majalengka dapat terjaga dan terpelihara serta memberikan rasa aman, nyaman dalam melaksanakan aktifitas Masyarakat sehari-hari .

Seluruh peserta Sosialisasi terdiri dari Kasi Trantibum Se-Kabupaten Majalengka, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda perwakilan setiap Kecamatan, Lsm / Ormas Islam dan Pengurus Gereja mengusulkan agar kegiatan Sosialisasi Penanganan Konflik dan Pencegahan Bahaya Terorisme atau Kumpul Bareng dalam rangka silahturahmi lebih ditingkatkan serta menyamakan persepsi untuk menjaga dan memelihara keamanan secara bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *